Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013

you you   Follow         5 Mins read
Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013

Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013


Download Buku guru kelas 1 tema 1 Diriku merupakan buku paket kurikulum 2013 revisi 2017 sebagai panduan penggunaan buku siswa, penunjang bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas.


Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013 sangat lah penting baik itu sebagai penunjang guru dalam mengelola kelas ataupun sebagai penunjang siswa dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran. Bagi satuan pendidikan SD saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dengan model pembelajaran tematik. Jadi buku yang digunakanpun harus lah buku tematik mengikuti kurikulum yang berlaku saat ini.

Buku Paket Kelas 1 SD semester 1 (satu) tema 1 (diriku) ini merupakan buku paket yang diperuntukkan bagi guru. Buku tematik ini merupakan buku cetakan ke 4 (revisi 2017) dan ditulis oleh Yusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf yang selanjutnya ditelaah oleh Lise Chamisijatin, H. Sufyani Prabawanto, dkk kemudian diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Buku Guru Kelas 1 Tema 1 Diriku

UraianKeterangan
TemaDiriku
JenisBuku Guru
ModelTematik
Satuan PendidikanSD (Sekolah Dasar)
KelasII (dua)
SemesterGanjil/1 (satu)
PenulisYusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf.
PenerbitPusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Jumlah Halaman168 hal.
TahunEdisi Revisi 2017
ISBN978-602-282-879-2

Subtema Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013

Buku Guru Kelas 1 Tema 1 Diriku terdiri dari 4 subtema antara lain:

1. Aku dan Teman Baru

2. Tubuhku

3. Aku Merawat Tubuhku

4. Istimewa

Isi Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013

Buku guru kelas 2 semester 1 Tema 1 ini berisi sebagai berikut.

  1. Buku guru merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran yang didalamnya mencakup Materi, Pemetaan Kompetensi Dasar dalam Pembelajaran, Kompetensi yang dikembangkan, Panduan Penilaian dll.
  2. Buku guru dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Guru lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  5. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  6. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.

  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

Pertimbangan

Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.

Fungsi Buku Guru

Buku guru sangatlah penting bagi kelangsungan pembelajaran baik itu dalam membuat perencanaan ataupun pelaksanaan pembelajaran. Fungsi buku guru antara lain:

  1. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa Informasi yang akan didapatkan guru dari Buku Guru adalah sebagai berikut. a. Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait. b. Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.
  2. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di kelas Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut. a. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. b. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut. c. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  3. Penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Karakteristik Buku Guru

Buku Guru kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.

  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
  6. Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.

Download Buku guru kelas 2 semester 1 Tema 1

Download buku guru kelas 2 tema 1

DownloadBaca Online

Demikian artikel berjudul Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikulum 2013 ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

Menarik untuk anda

Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Lihat komentar tentang Buku Guru Kelas 1 Tema Diriku Kurikul...
Tunggu hingga dokumen muncul