Cila dan Tas Baru

you you   Follow         4 Mins read
Cila dan Tas Baru

Cila dan Tas Baru


Cerita Dongeng untuk anak dengan Judul Cila dan Tas Baru..


  • TOC {:toc}

“Wah Tas kamu bagus banget Tasya, beli dimana kamu? Lucu banget ya warna merah jambu, udah gitu bisa didorong” Seru Zura pada tas baru kepunyaan Tasya.

“Ini dibeliin mamaku loh dari luar negeri” Kata Tasya bangga.

“Ih keren banget, jadi mau minta beliin mami juga deh, hihihi”

Sementara Cila yang sedari tadi sibuk membaca buku, diam-diam menyimak obrolan Tasya dan Zura mengenai tas baru. Nampaknya mereka berdua adalah dua orang yang beruntung bisa selalu mendapatkan apa yang mereka mau dengan mudah. Cila sedih karena dirinya juga ingin mendapatkan tas koper yang bisa membuat dirinya tidak berat membawa buku-buku ditasnya, namun tidak mungkin bisa minta bapak sama ibu karena kini bapak Cila sudah tidak bekerja lagi karena sudah memasuki umur pensiun..

Siang yang begitu terik sepulang sekolah, Cila berjalan kearah pagar utama sambil melihat pemandangan disekitarnya. Dia amat iri dengan teman-temannya yang selalu pulang di jemput supir atau dijemput dengan mobil. Sementara dirinya hanya diantar dengan motor tua bapak dan kalau pulang sekolah Cila naik angkutan umum. Dalam hatinya Cila selalu ingin bisa merasakan dijemput menggunakan mobil. Tapi apa daya bagi Cila, bapak bahkan hanya memiliki motor tua dan kini sudah pensiun. Sehingga keuangan keluarga harus bisa sehemat mungkin untuk tetap memenuhi kehidupan sehari-hari..

Sesampainya dirumah, Cila langsung keruang tengah dan mengecup tangan ibu dan bapaknya, kemudian papa menawarinya makan, tapi akibat dirinya yang sedang murung, Cila langsung masuk kekamar tanpa menghiraukan pertanyaanya dari bapak..

Sementara Cila didalam kamar, bapak merasa bingung dengan sikap anaknya yang tiba-tiba saja terlihat sedih dan murung, namun bapak untuk mencoba mengerti terhadap sikap anaknya yang mungkin kelelahan dengan perjalanan yang amat terik dari sekolah menuju rumahnya.

Malam harinya, Cila berpikir bagaimana ya dia bisa mendapatkan uang untuk membeli tas yang dia idam-idamkan itu? Huf harganya saja mahal, engga mungkin bisa kalau Cuma mengandalkan tabungan dari uang jajannya sehari-hari. Cila merasa sedih dan tidak seberuntung Zura dan Tasya yang bisa hidup tanpa merasa kesulitan untuk membeli apa yang mereka mau..

Kemudian Cila baru ingat kalau besok pelajaran prakarya, Ada tugas membuat karya kreatif dan yang terbaik bisa dilombakan juga mendapat hadiah. Dan Cila panik karena belum mempersiapkannya sama sekali. Bahkan Cila bingung harus membuat apa, karena tidak ada uang untuk membeli bahan untuk membuat karya yang bagus jadi semenjak minggu lalu Cila terus menundanya. Dia juga tidak mungkin bilang bapak dan ibu untuk meminta uang malam-malam begini. Sudah jam 10, toko mana daerah rumahnya yang masih buka..

Kemudian Cila mengambil kotak yang berisi alat dan bahan Craftingnya, dan dia mencoba ke gudang mengambil limbah bekas sisa percetakan bapak. Dan setelah semua bahan dan alat didepan matanya, Cila diam memikirkan membuat apa, namun tiba-tiba saja secara spontan dia membuat album bentuk kotak yang sangat unik. Dia membuatnya susah payah hingga larut malam sampai akhirnyapun tertidur..

Keesokan paginya, Cila melanjutkan sedikit karyanya tadi malam dengan memberi foto-foto dalam album kerajinan tangannya itu. Dia menaruh foto dan tulisan-tulisan yang dihiasnya..

Saat pelajaran seni budaya, Cila dengan malu-malu menggenggam karya nya karena hanya berbahan dasar limbah kertas yang tidak seperti teman lainnya yang membuat boneka atau bingkai yang mahal-mahal. Seperti biasa satu sama lain saling menunjukan karyanya Namun hanya Cila yang tidak. Akan tetapi tiba-tiba Litha dan Aryo menghampiri dirinya. .

“Cila, aku boleh liat punya kamu enggak?”.

Cila kemudian menyerahkan dan Litha dan Aryo Nampak tertarik dengan hasil karya temannya..

“Kamu kok bisa buat ini? Ini keren banget, aku boleh gak minta buatin kamu untuk kado ulang tahun mamaku? Nanti harganya mahal juga enggak apa-apa deh biar kakakku yang bayar, hihi”.

“Aku juga dong Cila, Rencananya Temanku si Andi kelas sebelah mau pindah sekolah, aku mau pesen ini sebagai kenang-kenangan dariku buat dia.”.

Cila Nampak bingung, kemudian sangat tidak menyangka dengan hal tersebut..

“Maukan Cila?” Tanya Litha lagi

“Iya mau dong, cil!” Seru Aryo menambahkan.

“Iya mau kok, buat kapan?”

“Hari Jumat aja gapapa, mamaku ulang tahun hari sabtu”

“kalau aku buat kamis ya cil.”

Kemudian keriuhan mendadak sunyi karena kedatangan ibu Sodang dan beliau juga menyampaikan bahwa yang berhak mewakilkan lomba diumumkan besok. Namun Cila tidak perduli karena ada dua pelanggan pertama yang memesan karyanya, itu artinya dia bisa mendapatkan uang sendiri, Begitu sampai rumah cila langsung ke gudang dan membuat dua kotak album sekaligus. Saat hari kamis, Aryo memberinya uang lima puluh ribu dan Litha seratus ribu. Untuk seusia Cila yang masih kelas 5 sd dua bilangan tersebut sangatlah besar dan berarti untuknya. Cila sangat bersyukur dan tidak sabar pulang kerumah. Dan begitu dirumah dia mengkisahkannya pada kedua orang tuanya. Bahkan setelah Aryo dan Litha. Teman lainnya seperti Putri, Zura, Tasya memesan juga kado pada Cila dan membuat Cila bisa memiliki tabungan sendiri.

Meskipun akhirnya tidak berhasil memenangkan lomba, namun karena hal ini Cila bisa menghasilkan karya yang kini bisa dijual. Dia jadi bisa meringankan kedua orang tuanya. Bahkan dia bisa membeli tas yang lama diidam-idamkannya itu dengan hasilnya sendiri.

Bahagia itu sederhana, cukup mensyukuri apa yang dimiliki, Allah akan menambahnya dengan hal yang tidak diduga-duga. (Litha Kusuma Wardhani – Creativepreneur).

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4719


Lihat komentar tentang Cila dan Tas Baru
Tunggu hingga dokumen munculTutup
ambulance bed bolt briefcase calendar chain chevron-left chevron-right clock-o commenting-o commenting comments diamond envelope-o envelope facebook feed flask globe group heart-o heart heartbeat hospital-o instagram leaf map-marker medkit phone quote-left quote-right skype star-o star tint trophy twitter user-md user youtube linkedinprint