Materi dan Kunci Jawaban Buku Kelas 6 Tema 6 halaman 3 s/d 6

you you   Follow         3 Mins read
Materi dan Kunci Jawaban Buku Kelas 6 Tema 6 halaman 3 s/d 6

Materi dan Kunci Jawaban Buku Kelas 6 Tema 6 halaman 3 s/d 6


Materi dan kunci jawaban soal yang ada dalam buku kelas 6 tema 6 halaman 3, 4, 5, 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan kurikulum 2013 edisi revisi 2018.


Administrasi.Net - Berikut kunci jawaban buku tematik tema 6 kelas 6 halaman 3, 4, 5, 6 kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Buku Tematik Tema 6 untuk SD kelas 6 edisi revisi 2018 ini berjudul Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan.

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 3

Amatilah beberapa gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai” berikut!

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan pertanyaan berikut!

1) Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?

Jawaban:

Kerja bakti membersihkan lingkungan, menanam pohon bersama, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan siskamling.

2) Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?

Jawaban:

Semua kegiatan itu merupakan kewajiban masyarakat.

3) Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Menaati undang-undang yang berlaku, belajar, menjaga kerukunan dengan teman, menghormati orang tua dan orang yang lebih tua dan menjaga kebersihan lingkungan.

4) Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?

Jawaban:

Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah.

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 4 dan 5

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan ke-merdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.

a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia. b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional. d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!

1) Apa judul teks pada bacaan di atas?

Jawaban:

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

2) Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Jawaban:

Makna proklamasi.

3) Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Jawaban:

Proklamasi memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, Indonesia mencapai puncak perjuangannya, Indonesia lahir sebagai NKRI, Indonesia menjadi negara yang menganut hukum nasional, dan Indonesia telah mencapai pintu gerbang untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

4) Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Jawaban:

Selalu mengingat jasa para pahlawan, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 6

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

Sesuai apa yang dirasakan masing-masing peserta didik.

Demikian artikel berjudul Materi dan Kunci Jawaban Buku Kelas 6 Tema 6 halaman 3 s/d 6 ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

Menarik untuk anda

Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Lihat komentar tentang Materi dan Kunci Jawaban Buku Kelas 6...
Tunggu hingga dokumen muncul