Kunci Jawaban Soal Buku Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 23, 24, 28

you you   Follow         3 Mins read
Kunci Jawaban Soal Buku Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 23, 24, 28

Kunci Jawaban Soal Buku Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 23, 24, 28


Materi, Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23, 24, 28 Buku Tematik Kurikulum 2013.


Administrasi.Net - Hai Bunda, pada kesempatan kali ini topik yang dibahas yaitu tentang Materi dan Kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 23, 24, 28 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa.

Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 ini mempelajari materi berjudul Daerah Tempat Tinggalku dengan Subtema 2 Lingkungan Tempat Tinggalku.

Semoga pembahasan tentang Materi, Soal dan Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 23, 24, 28 ini dapat membantu Bunda dan Ananda dalam merevisi soal yang telah ananda jawab sebelumnya.

AYO MEMBACA (Halaman 23)

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Simak penjelasan berikut.

  1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
  2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
  3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 23

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.

1) Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya? Jawaban: Mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan di tempat hidupnya. Hal tersebut dikarenakan kondisi lingkungan dan alamnya berbeda. Penduduk akan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di wilayahnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 24

2) Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda? Jawaban: Penduduk di desa dan di kota memiliki pencaharian yang berbeda karena lingkungannya sudah berbeda. Contoh di desa lebih banyak lahan pertanian, maka dari itu mata pencahariannya merupakan seorang petani. Hasil panen seorang petani dapat dijual ke kota, sehingga mata pencaharian penduduk kota biasanya menjadi pedagang.

3) Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi? Jawaban: Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan dataran tinggi adalah hasil tanam dan hasil panennya. Petani di daerah dataran rendah biasanya menanam tanaman padi. Sementara petani di daerah dataran tinggi biasanya menanam tanaman berupa sayuran seperti bawang, kol dan kubis.

4) Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya. Jawaban: Pekerja jasa adalah orang yang memberikan pelayanan jasa sesuai kemampuan yang dimiliki. Contoh: guru, dokter, penjahit dan lain-lain.

AYO MEMBACA (Halaman 26-27)

Siswa akan disuguhkan cerita “Asal Mula Bukit Catu” Dalam cerita tersebut terdapat tiga tokoh. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur pembangun cerita. Tokoh mengemban peristiwa dalam cerita sehingga peristiwa tersebut mampu terjalin sebagai cerita. Selain itu, tokoh berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 28

Jawablah pertanyaan berikut.

Kemudian, bacakan hasil tulisan jawabanmu di depan kelas.

  1. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu”? Jawaban: Suami, Istri dan penduduk desa.
  2. Apa saja peranan tokoh dalam cerita tersebut? Jawaban: Suami berperan sebagai seorang suami dan petani. Istri berperan sebagai seorang petai, istri dan orang yang membuat tumpeng.
  3. Apa pesan yang terdapat pada cerita tersebut? Jawaban: Pesan yang terdapat pada cerita tersebut adalah agar kita selalu bersyukur dengan apa yang didapat.

Sumber

  1. Tribunnews

Demikian artikel berjudul Kunci Jawaban Soal Buku Kelas 4 SD Tema 8 Halaman 23, 24, 28 ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

Menarik untuk anda

Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Lihat komentar tentang Kunci Jawaban Soal Buku Kelas 4 SD Te...
Tunggu hingga dokumen muncul