Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 SD Halaman 78 s/d 82 kurikulum 2013 revisi 2018

you you   Follow         3 Mins read
Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 SD Halaman 78 s/d 82 kurikulum 2013 revisi 2018

Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 SD Halaman 78 s/d 82 kurikulum 2013 revisi 2018


Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 SD Halaman 78, 79, 80, dan 82 kurikulum 2013 buku revisi 2018 lebih tepatnya pembelajaran 6 subtema 2.


Apa kabar, apakah Bunda atau Ananda sehat? Bagaimana belajar Ananda sekarang apakah mengalami kesulitan? Administrasi.Net pada kesempatan ini ingin membantu ananda mengoreksi soal pada Buku Tematik tema 6 kelas 6 SD halaman 78, 79, 80, dan 82 kurikulum 2013 buku revisi 2018 lebih tepatnya pembelajaran 6 subtema 2.

Pertama persiapkan jawaban yang telah Ananda buat. Kemudian, gunakan artikel Kunci jawaban tema 6 kelas 6 SD halaman 78, 79, 80, dan 82 untuk mengoreksi hasil pekerjaan ananda.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 pembelajaran 6 Subtema 2 halaman 78, 79, 80, dan 82 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 78

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

  1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?
  2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?

Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban:

  1. Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.
  2. Agar kita dapat hidup lebih disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu, hak merupakan hal yang harus didapatkan setelah melaksanakan kewajiban.

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 79

Jawaban:

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 79

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 80

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut. Presentasikan secara lisan di depan kelas.

Jawaban:

Hasil pengalaman

Hak yang saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup.

Hak mempertahankan hidup saya peroleh tiap hari berkat perlindungan yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi “Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya”.

Saya juga melaksanakan hak yaitu perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, hak ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi “Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”.

Saya juga mendapatkan hak terkait pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik.

Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.”

Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 halaman 82

Ayo Renungkan

Jika semua warga negara Indonesia mau dengan penuh kesadaran melaksanakan hak sebagai warga negara tentu tujuan nasional akan mudah tercapai.

Akan tetapi, bila sebaliknya yang terjadi bagaimanakah dengan tujuan nasional Indonesia? Apa yang akan terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia? Coba kamu renungkan dan tulis hasil renunganmu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawaban:

Sesuai dengan hasil renungan masing-masing peserta didik.

Sumber

  1. Tribunnews

Demikian artikel berjudul Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 SD Halaman 78 s/d 82 kurikulum 2013 revisi 2018 ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

Menarik untuk anda

Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Lihat komentar tentang Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema...
Tunggu hingga dokumen muncul