Apa itu Tunarungu?

you you   Follow         2 Mins read
Apa itu Tunarungu?

Apa itu Tunarungu?


Tunarungu adalah keadaan dimana seseorang mengalami kehilangan atau kekurangan dalam hal kemampuan mendengar dan berbicara, sehingga alat pendengarannya tidak berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.


Pengertian Tunarungu

Tunarungu adalah keadaan dimana seseorang mengalami kehilangan atau kekurangan dalam hal kemampuan mendengar dan berbicara, sehingga alat pendengarannya tidak berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat terjadi baik sebagian atau seluruhnya, dan berdampak kompleks pada kehidupan orang dengan keadaan tunarungu, terutama pada kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi yang sangat penting.

Pengertian Tunarungu Menurut Para Ahli

Somad dan Herawati (1996) menyatakan bahwa tunarungu adalah seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruhnya yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran, sehingga tidak dapat menggunakan alat pendengarannya dalam kehidupan sehari-hari yang membawa dampak terhadap kehidupan secara kompleks.

Sardjono (2005) mengatakan bahwa tunarungu adalah kedaaan kehilangan pendengaran sebelum belajar bicara atau kehilangan pendengaran pada saat mulai belajar berbicara karena gangguan pendengaran, suara dan bahasa. Tuna wicara adalah mereka yang menderita tunarungu sejak bayi atau sejak lahir sehingga tidak dapat menangkap pembicaraan orang lain, sehingga tidak mampu mengembangkan kemampuan bicara meskipun tidak mengalami gangguan pada alat suaranya.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa penyandang tunarungu adalah mereka yang mengalami kehilangan kemampuan untuk mendengar baik sebagian maupun seluruhnya yang mengakibatkan tidak mampu untuk menggunakan alat pendengarannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga tidak mampu mengembangkan kemampuan berbicara. Dalam melakukan komunikasi dengan orang lain sangat membutuhkan bahasa dengan ucapan yang jelas sehingga dalam menyampaikan pesan dapat mempunyai satu makna, sehingga tidak ada salah tafsir makna yang dikomunikasikan.

Klasifikasi Tunarungu

Ketunarunguan (hearing loss) adalah satu istilah umum yang menggambarkan semua derajat dan jenis kondisi tuli (deafness) terlepas dari penyebabnya dan usia kejadiannya. Sejumlah variabel (derajat, jenis penyebab dan usia kejadiannya berkombinasi kedalam diri siswa tunarungu yang mengakubatkan dampak yang unik terhadap perkembangan personal, sosial, intelektual dan pendidikannya, yang pada gilirannya hal ini akan mempengaruhi pilihan dan gaya hidup pada masa dewasanya terutama pada kelompok sosial dan tingkat pekerjaannya. Akan tetapi ketunarunguan jika tidak disertai dengan kecacatan lain pada dasarnya adalah permasalahan sosial.

Somad dan Herawati (1996) menyatakan bahwa terdapat tiga jenis utama ketunarunguan menurut penyebabnya yaitu.

Conductive loss

Conductive loss,yaitu ketunarunguan yang tejadi bila terdapat gangguan pada bagian luar atau tengah telinag yang menghambat dihantarkannya gelombang bunyi ke dalam bagian telinga.

Sensorineural loss

Sensorineural loss, yaitu ketunarunguan yang tejadi bila terdapat kerusakan pada bagian dalam telinga atau syaraf pendengaran yang mengakibatkan terhambatnya pengiriman pesan bunyi ke otak.

Central auditory processing disorder

Central auditory processing disorder yaitu gangguan pada sistem syaraf pusat, proses pendengaran yang mengakibatkan individu mengalami kesulitan mengalami kesulitan memahami apa yang didengarnya meskipun tidak ada gangguan yang spesifik pada telinganya itu sendiri. Mereka yang mengalami gangguan pusat pemerosesan pendengaran ini mungkin memilki pendengaran yang normal bila diukur dengan audiometer, tetapi mereka sering mengalami kesulitan memahami apa yang didengarnya.

Demikian artikel berjudul Apa itu Tunarungu? ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

Menarik untuk anda

Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
Lihat komentar tentang Apa itu Tunarungu?
Tunggu hingga dokumen muncul