Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

you you   Follow         2 Mins read
Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari


Jenis-Jenis Perpindahan Panas seperti Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Contoh-contoh perpindahan panas berdasarkan jenis perpindahan panas dapat dilihat pada artikel ini.


    Administrasi.Net - Apakah Ananda semua sehat? Taukah ananda apa itu energi panas? Apabila Ananda belum mengetahuinya pada kali ini akan kita bahas apa itu Energi Panas.

    Panas atau kalor adalah energi yang bisa berpindah dari satu benda ke benda lain karena perbedaan suhu. Energi panas akan berpindah dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah.

    Panas bisa memengaruhi suhu zat. Jika suatu zat menyerap panas, maka suhunya akan naik. Berlawanan dengan hal itu, kalau suatu zat melepas panas, maka suhunya akan turun.

    Jenis Penghantar Panas

    Benda yang mudah menghantarkan panas disebut konduktor. Biasanya konduktor berbahan logam, seperti besi, alumunium, dan tembaga. Lalu benda yang sulit dan lambat untuk menghantarkan panas disebut isolator.

    Contoh isolator adalah kayu, plastik dan karet.

    Nah, berikut ini adalah jenis-jenis perpindahan panas beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, cari tahu!

    Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Contohnya

    Perpindahan panas ada tiga jenis, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

    1. Konduksi Konduksi adalah perpindahan panas tanpa disertai perpindahan zat perantara atau disebut juga perpindahan panas melalui hantaran.

      Jadi, pada jenis perpindahan panas konduksi hanya energi panas saja yang berpindah, tidak ada perpindahan partikel zat perantara.

      Perpindahan panas dengan cara konduksi hanya terjadi pada zat padat.

      Contoh konduksi:

      • Memanaskan sendok logam di atas api. Melalui contoh ini kita bisa tahu kalau walaupun yang dipanaskan hanya salah satu dari ujung sendok, tapi panasnya akan menyebar ke seluruh bagian sendok.
      • Menyetrika pakaian dengan setrika listrik.
      • Mengaduk kopi panas dengan sendok logam.
      • Memanaskan mentega.
    2. Konveksi Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai zat perantara atau disebut juga dengan perpindahan panas aliran. Pada jenis perpindahan panas ini tak hanya energi panas yang berpindah, tapi juga disertai dengan perpindahan partikel zat perantara.

      Jenis perpindahan panas konveksi terjari pada zat cair dan gas.

      Contoh konveksi:

      • Memasak air dengan panci di atas kompor. Saat kita memasak air, maka air yang di bawah akan terlebih dahulu panas dan naik. Kemudian air yang masih dingin di bagian atas akan turun.
      • Terjadinya angin darat dan angin laut.
      • Gerakan balon udara.
    3. Radiasi Radiasi adalah perpindahan panas tanpa memerlukan zat perantara atau disebut juga perpindahan panas secara pancaran.

      Contoh radiasi:

      • Panas matahari yang sampai ke bumi walaupun terhalang ruang hampa yang tidak bisa menghantarkan panas.
      • Panas dari api unggun bisa menghangatkan tubuh.
      • Pakaian kering karena energi panas matahari
      • Menetaskan telur unggas dengan lampu

    Demikian artikel berjudul Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Perlu anda ketahui apabila menurut anda artikel ini perlu perbaikan, anda semua bisa mengeditnya di bawah ini. Bergabunglah bersama kami menjadi penulis di Administrasi.Net

    Menarik untuk anda

    Revisi halaman ini dengan tombol edit dibawah, bila menurut anda ada yang keliru, ada yang perlu ditambahkan agar isi konten lebih baik lagi. Edit
    Lihat komentar tentang Jenis-Jenis Perpindahan Panas dan Con...
    Tunggu hingga dokumen muncul